Sunday, April 13, 2008

BIS? atau BES?


Apasih BIS dan BES itu?

BlackBerry Internet Service (BIS) adalah layanan BlackBerry untuk individu dimana subscriber terdaftar melalui operator selular setempat (yang ada kerja sama dengan perusahaan RIM).
Layanan ini memberikan akses kepada pengguna BlackBerry untuk mendapatkan fitur push email dari sistem email umum seperti halnya Yahoo!, Google, dan sistem yang berbasis POP3/IMAP ke perangkat BlackBerry.
Satu kontrak data plan BIS diperbolehkan memiliki 10 account dari sistem email umum, 1 alamat push email tanpa mailbox yang menggunakan domain operator.blackberry(.com/.net).
Setting Account dari sistem email BIS melalui webclient (dari web browser pada umumnya) dengan alamat http://operator.blackberry.com. Misal, nama-nama operator di Indonesia yang melayani BIS antara lain (terurut abjad): Indosat, Telkomsel, XL.

BlackBerry Enterprise Service (BES) adalah layanan BlackBerry untuk perusahaan yang menggunakan sistem corporate yang dapat diintegrasikan dengan sistem dari BlackBerry.
Layanan ini memiliki fungsi basic seperti halnya layanan BIS, dengan sejumlah penambahan komponen dan fitur yang spesifik untuk meningkatkan reliabilitas dari sistemnya. Sebagai contoh fitur enkripsi dalam transmisi data email.
Sistem messaging dan software kolaborasi dari corporate yang dapat diintegrasikan antara lain Lotus Domino, Novel GroupWise, dan Microsoft Exchange.
Pada BES dikenal mekanisme IT Policy yang akan memberikan akses bertingkat pada fitur dan layanan BlackBerry yang dapat digunakan di HandHeld.


note: image gmail_pda.gif is courtesy of Google.

No comments: